SBY Didukung Komunitas Guangdong Indonesia

sbyJAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang kembali mencalonkan diri pada Pemilu Presiden 2009 mendapatkan dukungan dari 14 juta anggota komunitas Guangdong di Indonesia.

Dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum Federasi Guangdong Indonesia Sugeng Prananto pada konferensi kelima federasi perkumpulan Guangdong sedunia di Hall D Arena Pekan Raya Kemayoran, Jakarta, Minggu (24/5) malam.

Sugeng dalam pidato sambutannya di hadapan Presiden Yudhoyono mengatakan, pemerintahan di bawah pimpinan Presiden Yudhoyono telah menunjukkan hasil memuaskan dalam berbagai bidang, terutama di bidang penegakan hukum, perdagangan, dan pertanian. Hasil memuaskan itu, kata Sugeng, diharapkan dapat diteruskan dengan pemerintahan yang juga dipimpin oleh Presiden Yudhoyono pada periode pemerintahan berikutnya.

“Jalan masih panjang dan kami berharap perjuangan ini dapat diteruskan seperti slogan yang sering terdengar dari Bapak Presiden SBY, ‘lanjutkan’,” ujar Sugeng dengan suara lantang. Ia juga mengatakan, kerja sama antara Indonesia dan China sebagai negara asal komunitas Guangdong saat ini telah terjalin secara baik di berbagai bidang.

Kerja sama itu, menurut dia, hanya dapat terjaga dengan adanya stabilitas dan kepastian hukum seperti yang telah dirasakan selama lima tahun masa pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Yudhoyono. “Itulah sebabnya, peranan kepemimpinan Bapak Presiden SBY pada masa yang akan datang sangat kami harapkan. Kami berdoa semoga Tuhan Yang Maha Esa meridai segala cita-cita Bapak Presiden, dapat sekali lagi memimpin negara kita yang tercinta, Indonesia,” tutur Sugeng.

Menutup sambutannya, ia menyatakan, federasi perkumpulan Guangdong Indonesia yang beranggotakan sekitar 14 juta orang yang mewakili sekitar 80 persen dari 17 juta orang keturunan Tionghoa di seluruh Indonesia sangat mendukung kepemimpinan Presiden Yudhoyono. “Hidup Bapak Presiden SBY, lanjutkan,” ujar Sugeng menutup sambutannya yang diikuti gemuruh tepuk tangan peserta konferensi.

Presiden Yudhoyono dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah konferensi kelima federasi perkumpulan Guangdong dunia. Kepala Negara dalam sambutannya kemudian menuturkan keberhasilan Indonesia selama lima tahun terakhir menciptakan stabilitas dan keamanan dalam negeri. Presiden juga memaparkan demokrasi yang semakin tumbuh berkembang di Indonesia sebagai hasil reformasi 10 lalu.

Presiden juga menyampaikan keberhasilan Indonesia mengatasi krisis keuangan global yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi tetap positif di tengah kondisi sulit. Indonesia, kata Presiden dalam sambutannya, tentu akan terus melanjutkan keberhasilan tersebut karena upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat adalah usaha yang tidak mengenal kata usai.

Presiden Yudhoyono yang didampingi Ibu Ani hanya sekitar 30 menit berada di tempat acara. Setelah menyampaikan pidato, Presiden langsung meninggalkan tempat acara tanpa mengikuti rangkaian acara selanjutnya.

ONO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: