SBY-Boediono Dilantik, Rupiah Menguat

JAKARTA, KOMPAS.com — Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank, Jakarta, Selasa (20/10) pagi, naik mendekati angka Rp 9.300 per dollar AS, terdongkrak dengan dilantiknya Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI untuk kedua kalinya.

Nilai tukar rupiah menguat 30 poin menjadi Rp 9.360-Rp 9.370 per dollar AS dibandingkan penutupan hari sebelumnya, Rp 9.390-Rp 9.400.

Pengamat pasar uang, Harry Kurniawan, di Jakarta, Selasa, mengatakan, pelantikan presiden RI pagi ini memberikan sentimen positif terhadap pasar. Para pelaku pasar aktif membeli rupiah sehingga mengalami kenaikan yang cukup besar. Selain itu, rupiah juga didukung oleh membaiknya bursa Wall Street dan melemahnya dollar AS terhadap euro.

“Kami optimistis rupiah akan terus menguat hingga mencapai angka Rp 9.300 per dollar AS setelah Presiden melantik calon menteri yang telah melakukan uji kelayakan,” katanya.

Untuk sementara, kata dia, rupiah diperkirakan masih akan berada antara Rp 9.350 dan Rp 9.370 per dollar AS karena pelaku saat ini sedang fokus terhadap pelantikan para menteri apakah akan ada perubahan. “Para pelaku pasar memperkirakan, perubahan yang terjadi terutama di bidang perekonomian,” ujarnya.

Sementara itu, pengamat pasar uang lainnya, Farial Anwar, memperkirakan, pertumbuhan ekonomi tahun 2010 akan lebih baik daripada tahun 2009. Karena itu, rupiah ke depan akan semakin baik dan peluang untuk bisa mencapai angka Rp 9.000 per dollar AS cukup besar.

Farial Anwar, yang juga Direktur Currency Management Board, mengatakan, potensi rupiah untuk naik lagi sangat besar karena investasi asing akan semakin besar setelah pelantikan presiden pada hari ini memberikan nilai positif terhadap pasar.

Editor: Edj
Sumber : ANT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: